Friday, March 8, 2013

TIPS MENCARI PENGHASILAN TAMBAHAN

Banyak orang ingin mencari penghasilan tambahan, tetapi masih bingung kira-kira mau mulai dari mana? Sebenarnya kalau kita memperhatikan sekeliling kita bagaimana orang bisa mendapatkan uang pasti akan muncul ide akan melakukan apa.

Ikuti tips mencari penghasilan tambahan dibawah ini :

1. ATM ( Amati Tiru Modifikasi).
Jurus paling ampuh karena tidak usah berpikir mau memulai apa tinggal melihat usaha yang sudah berjalan, diikuti cara kerjanya dan dimodif sedikit, misalnya kalau sudah banyak yang berjualan pisang goreng bisa divariasi dengan pisang goreng crispy, pisang goreng lapis coklat, diberi nama yang unik agar orang penasaran ingin tahu rasanya.

2. Manfaatkan keahlian.
Sebenarnya setiap orang punya kelebihan namun kurang dimanfaatkan. Apa yang kita bisa tidak harus mahir yang penting bisa, misalnya dengan membuka jasa penerjemah, menerima kursus privat pelajaran/komputer, menjahit, beternak/bercocok tanam dll.

3. Membantu memasarkan barang/marketing.
Tentu saja harus mempunyai banyak relasi, ramah dalam bergaul. Misalnya ada orang sedang mencari komputer, kita punya teman yang tahu tentang komputer tinggal dihubungkan, begitu terjadi transaksi maka kita bisa mendapat komisi dari kedua belah pihak.

4. Membeli ke grosir dan dijual eceran.
Sebelumnya cari tahu apa yang banyak dicari orang, bagaimana penjualan jangka panjangnya setelah survey kita cari grosir atau agennya agar bisa membeli lebih murah dan nantinya bisa dijual eceran sehingga mendapat selisih dari penjualan.
Sebagai contoh adalah bidang fashion, pasar untuk fashion wanita tentunya lebih besar dibandingkan pria (berdasarkan demografi kependudukan, jumlah penduduk wanita lebih besar dibandingkan pria). Selain itu wanita juga memiliki kecenderungan untuk lebih sering membeli pakaian baru, dibandingkan pria yang hanya membeli pakaian pada saat tertentu, seperti menjelang lebaran atau natal (yang ini berdasarkan pengalaman pribadi ^_^ )

5. Mulailah pemasaran dari lingkungan terdekat.
Untuk pangsa pasar kita bisa mulai dari lingkungan terdekat kita; kenalkan usaha/produk yang dijual kepada keluarga besar, tetangga, teman sekolah/kampus/kantor, teman pengajian, ortu dari teman sekolah anak, dan sebagainya. Kepercayaan tentunya lebih mudah kita raih dari orang yang sudah kita kenal, dan apabila mereka puas dengan pelayanan kita, tentunya mereka dengan senang hati akan merekomendasikan kita apabila seseorang yang mereka kenal membutuhkan produk/jasa yang sama. Ingatlah bahwa kepuasan pelanggan adalah media promosi yang paling efektif.

6. Hobi bisa menghasilkan uang.
Tanpa kita sadari hobi bisa dijadikan alternatif mendapat tambahan penghasilan. Misalnya orang yang hobi koleksi perangko, majalah bekas, barang antik, lukisan kuno bisa menawarkan ke orang yang memang hobi mengkoleksi barang tersebut. Jika orang sudah menyukai sesuatu hobi, terkadang mau membayar mahal untuk mendapatkannya. Yang harus diingat adalah usaha berdasarkan hobi memiliki pangsa pasar yang lebih kecil, hanya terbatas pada pemilik hobi yang sama.

7. Network marketing.
Kalau mendengar yang satu ini orang langsung berpikir negatif, padahal banyak pelajaran bisa diambil dari trainingnya, cara mempengaruhi orang, membangun team kerja dll. Ikut MLM bisa jadi tempat kuliah yang bagus sebelum kita memulai usaha sendiri

Dan masih banyak lagi …

Apakah anda sudah mendapat ide mencari penghasilan tambahan? Mulailah dari yang kecil, sederhana yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, dan mulailah dari sekarang …

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment