Friday, March 8, 2013

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Blackberry Marketing.


Blackberry adalah salah jenis ponsel yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Dimana-mana banyak ditemukan para remaja sampai ibu-ibu sedang asik ber-bbm ria. Selain digunakan untuk ngobrol dengan teman dan keluarga,blackberry bisa digunakan untuk kepentingan bisnis anda. Kontak blackberry tidak terbatas jumlahnya,sehingga anda bisa menambahkan kontak sebanyak-banyaknya. Anda tidak perlu takut jika ada orang asing akan meneror,mengganggu ketenangan anda jika menyebar pin secara umum. Jika hal tersebut terjadi,anda bisa menambahkan pin tersebut ke dalam daftar blocked user.

Jangan menggunakan fitur broadcast untuk menyebarkan pesan ke customer anda!!!

Blackberry memiliki fitur broadcast message, dengan broadcast message kita bisa mengirimkan pesan ke seluruh kontak bbm di hp kita. Dengan berjalannya waku banyak sekali broadcast message yang isinya hanya isu dan berita hoax yang tidak penting,sehingga image broadcast message menjadi buruk. Anda akan dicap sebagai penganggu. Seringkali user yang sering melakukan broadcast message suka dihapus dari daftar kontak bbm.

Berikut adalah Tips marketing dengan menggunakan blackberry:

1. Selalu minta pin customer setelah transaksi jual beli anda selesai.
Mereka adalah target market yang tepat. Pasang pin blackberry di nota/kartu nama agar customer tidak lupa menambahkan pin anda ke kontak mereka jika terjadi hal yang tidak diinginkan,misalnya kontak bbm hilang semua.

2. Buat kategori di kontak anda.
Bedakan teman,keluarga,customer,ataupun calon customer. Ini membantu anda mengenali siapa customer reguler ataupun calon customer yang baru mengenali anda.Ini juga membuat list kontak bbm kita menjadi lebih rapi.

3. Fitur blackberry adalah salah satu fitur customer service di usaha anda, usahakan selalu membalas dengan ramah semua bbm pelanggan anda. Jangan biarkan huruf D (terkirim) lama terpampang di layar ponsel mereka. Mereka tahu kalau anda sedang tidak menghiraukan mereka.
Customer service terbaik adalah salah satu kunci emas keberhasilan bisnis anda.

4. Kenali jam-jam customer anda beraktifitas.
Buatlah status atau ganti profil picture bbm yang isinya mengiklankan produk/brand anda. Maksimal 4 recent updates,selebihnya anda akan dianggap spammer.

5.Cek semua kontak bbm anda 1-2 bulan sekali.
Jangan buat broadcast message untuk mengecek keaktifan kontak bbm karena itu tidak berguna. Bbm kontak yang tidak aktif biasanya jarang melakukan update status. OS blackberry terbaru bisa mengubah foto profil bbm yang tidak aktif terlihat lebih buram,hapus dan add ulang kontak bbm tersebut.

6. Wajib mem-back-up contact bbm anda sebulan sekali.
Sebaiknya membackup contact menggunakan alamat e-mail anda, banyak sekali kasus pencurian dan kehilangan blackberry akhir-akhir ini,anda tidak mau kehilangan pasar anda bukan?

7.Pasang alamat website anda di kolom nama/status BUKAN di kolom ketersediaan.
customer tidak bisa langsung meng-klik alamat web dan menyulitkan mereka untuk harus menulis sendiri alamat web anda.

8.Jangan mengupdate status pribadi ketika sedih atau dalam masalah. Jaga image brand anda,orang akan merasa aneh jika anda melakukan hal itu.

9.Jika anda memiliki group bbm,selalu update produk terbaru seminggu sekali.
Usahakan member group adalah customer reguler yang aktif agar menghemat space daftar member group bbm yang terbatas. Selalu cek setiap member bbm group anda, bisa jadi salah satu dari member tersebut hanya mata-mata (tukang mengecek harga) dan juga menghabiskan kuota member bb group.

10.Buat account facebook atau website sebagai katalog resmi sehingga mudah untuk disharing ke calon customer walaupun tidak join ke dalam bb group.

Extra Tips!
Jadikan status teman anda sebagai indikasi calon customer. Dekatkan diri anda dengan membuat chat, minimal mereka tahu anda menyediakan pakaian,akesoris,ataupun kebutuhan fashion lainnya. Apalagi jika sedang ada event tertentu, ulang tahun, musim liburan, promp night, pesta, maupun mendekati hari raya.

*Jika terpaksa mengambil gambar produk menggunakan kamera blackbery anda,editlah terlebih dahulu sebelum dikirim. Anda bisa mendownload aplikasi Photo Studio di Blackberry Application World,aplikasi ini bisa mengubah kualitas foto menjadi lebih terang dan bagus.

(Sumber: kompilasi dari berbagai sumber internet)

No comments:

Post a Comment